DAKU – Dunia Remajaku Seru

Pernah mengalami ketertarikan terhadap orang lain? Perubahan akibat pubertas hingga melewati masa remaja yang penuh dengan warna-warni.

Dunia remaja memang seru, dengan pergaulan yang tidak lagi sama dan mulai menyukai lawan dan bahkan sesama jenis bisa menjadi fase yang membingungkan bagi remaja. Tak hanya itu, kadang ada yang sudah mulai berpacaran dan bahkan sudah membicarakan pernikahan seperti layaknya orang dewasa. Tidak ada yang salah dengan itu. Itulah yang terjadi akibat dorongan perubahan biologis dan psikis dari seseorang yang beranjak dewasa.

Namun, fakta menujukkan bahwa banyak remaja yang melewati masa pubertas ini tanpa bimbingan dan informasi yang cukup baik dari keluarga, sekolah, maupun teman sebaya. Kurangnya informasi ini membuat remaja sangat rentan mengalami kekerasan maupun akibat dari mencoba hal baru seperti kehamilan yang tidak dikehendaki dan mungkin berujung pada pengguran kandungan secara tidak aman, terinfeksi infeksi menular seksual maupun HIV, dan banyak kasus lainnya yang kesemuanya berakar dari ketidaktahuan remaja tentang bagaimana seharusnya bersikap dalam menjaga kesehatan seksual dan reproduksi mereka. Orang tua menganggap tabu membicarakan perihal seksualitas; sementara guru tidak membahas persoalan kesehatan seksual dan reproduksi secara tuntas. Jadilah remaja belajar dari teman sebaya atau dari media internet dan lain-lain tanpa bimbingan dari orang yang benar-benar paham dan bisa menyediakan informasi dengan akurat, terpercaya, dan tidak menghakimi.

Rutgers WPF Indonesia bersama organisasi mitra menjalankan program peningkatan kapasitas para guru sekolah menengah atas dan pendidik di komunitas, agar dapat membina anak didik untuk memahami dan berperilaku sehat terkait hak mereka atas kesehatan seksual dan reproduksi. Program ini disebut DAKU! Dunia Remajaku Seru!.

Cakupan materi yang dilatihkan kepada guru dan para pendidik akan menjadi panduan untuk sesi-sesi pembinaan di kelas atau dalam pertemuan-pertemuan dengan siswa. Berikut materi pelatihan program DAKU!, yang terdiri dari 15 bagian yang saling melengkapi: 

  1. Semua Berawal dari Saya
  2. Perubahan Emosi
  3. Apakah Tubuhmu Juga Berubah?
  4. Pertemanan dan Hubungan Lainnya
  5. Gender (Laki-laki dan Perempuan)
  6. Perjuangkan Hakmu
  7. Seksualitas dan Cinta
  8. Kehamilan
  9. Lindungi Dirimu dari IMS dan HIV&AIDS
  10. HIV&AIDS – Kamu Juga Punya Peran
  11. Narkoba dan Dunia Remaja
  12. Cinta Seharusnya Tidak Menyakiti
  13. Masa Depan, Impian dan Rencanamu
  14. Catatan Kreatifku: Pesanku Untukmu
  15. Pameran

Dahulu, jika para remaja tidak mengetahui bagaimana seharusnya berperilaku sehat dan terjerumus akibat kurangnya informasi maka kita hanya bisa bersedih, prihatin dan bahkan menghakimi. Tetapi dengan membekali remaja dengan pengetahuan yang memadai, kita bisa optimis mereka dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan sadar dan lebih siap menghadapi resiko yang akan dihadapi.

Program DAKU! dilaksanakan di sekolah-sekolah menengah atas dan komunitas remaja di provinsi DKI Jakarta, Bali, Jambi, Lampung dan Papua; dengan mitra kerja lembaga seperti Yayasan SIKOK, Yayasan Pelita Ilmu, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Bali, dan PKBI Lampung.

Rutgers WPF Indonesia selalu terbuka untuk membentuk kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka menyebarkan program ini lebih luas lagi, termasuk dengan lembaga donor, pemerintah maupun swasta; dan juga terbuka untuk dukungan finansial yang memungkinkan pelaksanaan dan perluasan program ini.

Jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi kantor Rutgers WPF jika membutuhkan penjelasan lebih lanjut.