Lowongan: Posisi Jaringan Aksi Officer (Paruh Waktu)

Bagikan

1.    Latar belakang

Jaringan AKSI yang didirikan pada tahun 2016 menggabungkan 38 organisasi non-pemerintah. Lingkup kerja Jaringan Aksi meliputi perlindungan anak dan perempuan serta isu-isu kesetaraan gender. Visi dari Jaringan ini adalah “Gadis remaja Indonesia memiliki wewenang dan hak untuk membuat pilihan.” Jaringan ini menyediakan ruang bagi anggota untuk berbagi pengalaman, praktik yang baik, mengadopsi, dan membangun sinergi dalam adopsi program untuk menciptakan dampak besar.

Pada tahun 2018 jaringan AKSI mengeluarkan dokumen organisasinya yang diterjemahkan ke dalam strategi yang valid hingga 2019. Strategi ini disusun dalam tiga kategori: kegiatan kesekretariatan, memperkuat kapasitas anggota jaringan, dan membangun lingkungan yang mendukung melalui kampanye dan advokasi. Sebagai tindak lanjut dari implementasi dokumen kelembagaan tersebut adalah pemilihan Rutgers sebagai sekretariat Jaringan Aksi. Pemilihan ini didasarkan pada kesamaan fokus isu organisasi dan kapasitas sumber daya yang tersedia dalam mengeksekusi kegiatan Jaringan.

Dalam kurun waktu 2018, Rutgers secara sukarela bekerja bersama dengan 4 anggota presidium yang berasal dari Rumah KitaB, Plan Indonesia, ARI, dan Sapa Indonesia telah mengembangkan proposal dan rancangan strategi jaringan selama 1 tahun. Di tahun 2019, proposal ini disetujui dan disahkan oleh Unicef sebagai pemberi dana Jaringan yang dituangkan dalam dokumen kontrak kemitraan antara Jaringan Aksi-Rutgers dan Unicef Indonesia.

Memasuki bulan kedua di tahun 2019, sebanyak 12 kegiatan jaringan telah siap untuk dilaksanakan. Untuk keperluan pelaksanaan kegiatan ini, diperlukan 1 tenaga paruh waktu bagi Jaringan Aksi yang bertanggung jawab untuk mengekseskusi semua kegiatan jaringan sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan. Posisi ini juga akan berperan dalam memonitor jalannya pelaksanaan kegiatan jaringan.

 

2.    Tujuan

Merekrut kandidat sebagai Jaringan Aksi Officer dengan spesifikasi pekerjaan sebagai berikut :

  • Berkolaborasi dengan presidium dan national coordinator (NC) mengembangkan rencana kerja dan anggaran tahunan Jaringan Aksi.
  • Menyusun laporan naratif jaringan Aksi tiap 3 bulan untuk dilaporkan kepada Unicef.
  • Berkoordinasi dengan Finance Manager Rutgers memastikan kelengkapan dokumen sebagai bahan FM dalam menyusun laporan keuangan 3-bulanan bagi Jaringan dan RHRN
  • Memastikan pelaksanaan kegiatan Jaringan AKsi dan RHRN terlaksana sesuai dengan jadwal dan rencana kerja yang disepakati.
  • Menyediakan yang diperlukan untuk pelaksanaan dan menyediakan dokumen kebutuhan meeting dan workshop yang dibutuhkan seperti TOR dan budget kegiatan.
  • Melakukan pencatatan dalam setiap kegiatan Jaringan dan mengirimkannya kepada presidium untuk disetujui, dan selanjutkan menyebarkan ke seluruh anggota jaringan.
  • Berkolaborasi dengan presidium mendukung kegiatan organisasi dalam fungsi administrasi dan logistik secara efektif dan efisien sesuai dengan kebijakan dan prosedur organisasi.
  • Menyiapkan dan mengatur segala keperluan yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan kegiatan seperti hotel, tiket, ruang meeting, dan kebutuhan lain.
  • Mengembangkan draft surat menyurat dengan pihak luar terkait kerja-kerja Jaringan AKsi dan RHRN, khususnya kegiatan Rutgers.
  • Berkoordinasi dengan HR Rutgers dan menyiapkan dokumen administrasi dan finansial sesuai dengan peraturan Rutgers sebagai host Jarinagn Aksi dan RHRN seperti pemilihan vendor/supplier seperti Payment Request, Task Order, dan Purchase Order.
  • Berkoordinasi secara substansi dan teknis dengan anggota Jaringan Aksi dan RHRN (bila diperlukan) dilevel nasional dan daerah terkait dengan penyelenggaraan kegiatan
  • Memastikan proses administrasi Jaringan Aksi dan RHRN sesuai dengan peraturan Unicef dan Rutgers sebagai host Jaringan.

3.    Kriteria yang dibutuhkan

  • Memiliki pemahaman yang baik tentang kesetaraan gender, perkawinan anak, dan masalah hak asasi manusia
  • Gelar Sarjana di bidang sosial, psikologi, kesehatan masyarakat, atau studi terkait lainnya
  • Pengalaman minimum empat tahun dalam manajerial dan penganggaran program
  • Keterampilan yang terbukti dalam koordinasi dan komunikasi dengan orang lain dalam latar belakang yang beragam
  • Memiliki kemampuan untuk merencanakan dan mengatur kegiatan (pertemuan, lokakarya), termasuk menyiapkan TOR, perintah tugas, dan dokumen pendukung lainnya
  • Memiliki kemampuan mempersiapkan semua kebutuhan administratif resmi seperti surat, email, dan korespondensi lain yang terkait dengan program dan kegiatan jaringan Aksi dan RHRN
  • Kemampuan untuk mempertahankan hubungan yang baik dengan mitra dan pemangku kepentingan terkait, mitra lokal, donor dan pihak ketiga lainnya termasuk vendor dan bank
  • Menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan

 

4.    Supervisi Kontrak

Jaringan Aksi Officer akan disupervisi oleh Program Officer YID dari aspek manajerial dan tim presidium, serta Country Representative dari sisi substansi/konten.

 

5.    Periode kontrak

  • Kontrak kerja akan dilakukan dalam periode Februari sampai Desember 2019, dengan dilakukan evaluasi disetiap 3 (tiga) bulan kerja.
  • Pemutusan kontrak kerja dapat dilakukan sewaktu-waktu oleh Rutgers WPF Indonesia jika Officer tersebut tidak mencapai hasil yang disepakati, dan atau melanggar prinsip-prinsip organisasi yang tertera dalam prosedur kantor (Office manual).

 

6.    Periode pembayaran

Pembayaran akan dilakukan setiap bulan setelah Officer yang bersangkutan mengirimkan laporan naratif bulanan serta daftar agenda kerja (logsheet) selama 20-22 hari kerja disetiap bulannya.

 

7.    Evaluasi Performa

Performa Officer akan dinilai berdasarkan: keahlian teknis dalam bidang terkait, inisiatif, kemampuan interpersonal dan komunikasi, kualitas keluaran pekerjaan, dan ketepatan waktu.

 

8.    Prosedur dan Tenggat Waktu Lamaran

Rutgers WPF Indonesia akan membuka lowongan secara terbuka untuk menjaring calon officer tersebut yang memiliki kompetensi sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Proses seleksi berlangsung dalam lima hari kerja. Mohon mengirimkan dokumen sebagai berikut:

  • CV
  • Motivation letter

Maaf, Lowongan ini Sudah Ditutup

Dapatkan Info Terbaru Seputar Kesempatan Bekerja
di Yayasan Generasi Sehat ndonesia !

Logo Yayasan Gemilang Sehat Indonesia - Full White

Yayasan Gemilang Sehat Indonesia (YGSI) merupakan lembaga non-profit atau NGO yang bekerja di Indonesia sejak 1997 untuk isu Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR), serta pencegahan Kekerasan Berbasis Gender dan Seksual (KBGS). Kami percaya bahwa seksualitas dan kesehatan reproduksi manusia harus dilihat secara positif tanpa menghakimi dan bebas dari kekerasan.

Keranjang
  • Tidak ada produk di keranjang.