ID | EN

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Share on linkedin

Bu Citra, Bukan Sekedar Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Nama panjang saya adalah Siti Raodah namun biasanya anak-anak manggil saya Bu Citra. Saya sekarang adalah guru di SMP Ihya Ulumuddin, Desa Jagaraga Indah, Lombok Barat. Saya rasa program Yes I Do di sekolah kami itu sangat membantu, apalagi dalam menekan angka kasus pernikahan usia anak yang dulunya kerap kali terjadi setiap tahun di sekolah.

Sekarang dengan adanya modul dan kelas SETARA yang saya ajarkan pada anak-anak, namanya itu Kelas Kespro di sekolah kami, saya melihat angka pernikahan usia anak sudah sangat berkurang selama program Yes I Do di Lombok Barat ini. Sudah ndak ada lagi anak yang menikah itu di sekolah kami, pun kalau ada, sekolah dan juga KPAD Jagaraga Indah sini berusaha untuk melakukan belas (dipisahkan) sampai berhasil dilakukan, pokoknya sampai anak dapat melanjutkan pendidikannya sampai lulus dari sekolah.

Saya mau cerita awal-awal mula adanya modul SETARA di SMP kami ini. Wah perjuangannya itu, ya ampun berat lah bisa saya bilang untuk menerapkan modul SETARA di SMP Ihya Ulumuddin ini. Ada beberapa penolakan dari guru-guru di sekolah supaya jangan diberikan jam khusus untuk mengajarkan modul SETARA ini. Tapi hal itu ndak menyurutkan semangat saya untuk bekerja keras, untuk terus melakukan pendekatan baik kepada para guru lainnya maupun ke kepala sekolah. Alhamdulillah, perjuangan saya ini membuahkan hasil, dimana saat ini sudah ada mata pelajaran khusus untuk modul SETARA yang namanya tadi saya sebutin sebelumnya, mata pelajaran kesehatan reproduksi atau Kespro. 

Kedepannya saya sangat berharap yah ada dukungan dari Pemerintah Daerah Lombok Barat, khususnya dalam dari Dinas Pendidikan untuk lebih memperhatikan sekolah kami yang notabenenya merupakan sekolah swasta, yang bisa dibilang cukup minim dukungan dari pemerintah. Saya sangat mengharapkan dukungan lebih agar sekolah kami dapat berkembang lebih baik lagi dari segi infrastruktur, sarana dan prasarana, maupun sumber daya manusia yang ada di sekolah. Saya sangat senang dengan adanya Program Yes I Do sangat membantu untuk menjadi jembatan bagi sekolah kami dengan Disdikbud serta menjadi wadah bagi para guru untuk diberikan pengetahuan terkait dengan pendidikan kesehatan reproduksi yang lebih luas dan menyeluruh.


Find more stories on Rutgers Indonesia social media:

Instagram: @rutgers.id

Twitter: @RutgersID

YouTube: Rutgers Indonesia

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content